Selamat Datang di Blog Saya "ILYAS AULIYA AL QARANY"

Jumat, 17 Agustus 2012

Tentang Penyakit Asam Urat - Penyakit Gout - Bag.2

ASAM URAT BUKAN CUMA MILIK ORANG KAYA
dari:
http://www.kompas.com/kesehatan/news

Oleh: Dr. Handrawan Nadesul, Dokter Umum

Asam urat tinggi, tidak ada kaitannya dengan doyan makan baso urat.
Betul,urat di sini berarti sejenis asam (acid) dan uric (urate), kita menyebutnya asam urat.
Asam urat berasal dari bahan protein inti (nucleoprotein), yang berisikan protein dan asam nukleat.
Asam nukleat dipecah menjadi pirimidin dan purin. Purin ini yang dirombak menjadi asam urat.
Normal, tubuh membuat asam urat. Jika dapur pengolah protein dalam tubuh terganggu.
Bisa juga jika pembuangan limbah sisa olahan protein kurang lancar.
Maka kadar asam urat darah meninggi lebih dari 8 mg%. Kita menyebutnya hyperuricaemia.

Tidak semua yang asam uratnya tinggi kena penyakit gout.

Ya, kebanyakan hyperuricaemia kena penyakit yang kita sebuat gout atau pirai.
Meski asam uratnya tinggi, sebagian gout-nya tak muncul.
Orang paling cuma merasa kurang enak badan terus saja.
Bahayanya, kelebihan asam urat lama-lama menjadi batu ginjal.

Penyakit asam urat bukan cuma pada orang kaya saja.

Betul. Dulu dikenal julukan Podagra. Sosok orang kaya gemuk sedang ongkang-ongkang kaki, jempol kaki kanan bengkak terbalut. Dari situ gout dianggap penyakit simbol kekayaan. Penyakit akibat banyak makan yang enak-enak (daging-dagingan). Anggapan itu kini pupus, sebab penyebab asam
urat tinggi bisa juga sebab bawaan tubuh memetabolisme protein sehingga sintesa asam urat lebih dari normal dan asam urat darah meninggi.

Penyakit gout merusak sendi dan ginjal?

Benar. Sendi bisa rusak, bentuk sendi berubah, dan akhirnya cacat.
Bagaimana itu bisa terjadi Kelebihan asam urat lama-lama membentuk kristal urat.
Di bawah mikroskop, kristal urat menyerupai jarum-jarum renik.
Jarum urat yang menumpuk, mengendap di sendi, otot, atau jaringan ikat, lalu melukai dan merusak sendi. Terasa nyeri tertusuk-tusuk. Kerusakan sendi lama-lama mengubah bentuk sendi, sebelum akhirnya terjadi kecacatan sendi lalu sendi tak bisa dipakai lagi.
Asam urat tinggi bercampur dengan urin yang asam (pH urin memang cenderung lebih rendah) akan berpresipitasi menjadi batu ginjal, dan saluran kemih. Selain ginjal terinfeksi, bisa terjadi kerusakan saluran ginjal (nefrosis), lama-lama bisa berakhir dengan payah ginjal.

Penyakit gout dapat dicegah Betul.

Sudah disebut, asam urat tinggi bisa sebab gangguan metabolisme
protein, gangguan ginjal, atau sebab menu purin tinggi. Apa pun sebabnya, akhirnya
bisa kena gout.
Agar asam urat tidak tinggi, menu asam urat rendah dengan cara diet purin.
Menu rendah purin hanya kira-kira 120-150 mg purin sehari atau seperenam menu purin normal.
Purin banyak dalam daging kambing, kaldu, bebek angsa, kerang, sardin, ati, ampla, ginjal, dan jeroan umumnya, selain roti. Semua sayur boleh bebas dimakan, kecuali asparagus, kacang polong, buncis, kembang kol, bayam, jamur, yang perlu dibatasi tak lebih dari 50 gram sehari, termasuk membatasi alkohol dan mengurangi makanan beragi.

Ada 10 keadaan yang bisa meninggikan asam urat.

Ya. Hyperuricaemia dijumpai juga pada penyakit kulit psoriasis, gangguan hormon anak gondok (parathyroid), myxoedema, pembentukan sel darah berlebihan seperti pada leukemia.
Bisa juga pada jantung koroner, penyakit ginjal, kegemukan, darah tinggi,keracunan timbal (lead), dan pada pemakaian obat diuretik (penuras).

Serangan gout selalu dadakan, tapi tak langsung parah.

Benar. Gout penyakit menahun. Asam urat tinggi lama-lama menjadi kristal urat yang mengendap di mana-mana bagian tubuh. Pengendapan kristal urat dipengaruhi oleh suhu dan tekanan.
Maka bagian tubuh yang dekat dengan permukaan kulit dan yang sering tertekan mekanis, yang sering terkena. Daun telinga, siku, lutut, punggung kaki, tumit, dan sendi ruas jemari tangan maupun kaki. Paling sering sendi jempol kaki.
Tumpukan jarum kristal urat di sendi mencetuskan serangan nyeri tertusuk-tusuk dan jika suhu dingin, sehabis gerak badan atau kena benturan.
Boleh jadi sehabis memakai sepatu kesempitan, kaki terantuk batu, atau siku tertumbuk pintu. Serangan gout umunmya mereda dalam 10 hari, lalu kambuh berulang mungkin setahun satu dua kali, tergantung seberapa ketat asam urat darah dikendalikan.
Setiap kali serangan, sendi akan cedera. Semakin sering, semakin merusak sendi. Lama-lama, struktur sendi berubah dan fungsi sendi menurun.

Tumpukan asam urat juga membentuk benjolan yang disebut tophi. Benjolan dapat ditemukan di tulang rawan, jaringan otot, atau di ruang sendi. Tophi di kaki bisa pecah dan mengeluarkan serbuk tepung urat. Tophi kerap terbentuk di daun telinga dan saluran ginjal (microtophi).
Encok gout berbeda dengan encok umumnya Dikenal beberapa jenis encok.
Encok gout memilih sendi tertentu dan biasanya tidak simetris kiri dan kanan. Sedang encok biasa umumnya simetris. Encok terus-menerus, sedang encok gout ada musimnya. Encok gout biasanya muncul malam hari. Sama-sama bengkak, merah meradang, nyeri tekan, tapi hasil laboratorium darahnya berbeda.
Selain asam urat tinggi, pada encok gout, sel darah putih dan laju endap darah (LED) meninggi juga. Laboratorium encok biasa tidak begitu. Pasien gout lesu, demam, dan jika tak diobati, penyakitnya progresif. Encok umumnya tidak begitu.

Gout baru muncul pada usia baya, sedang encok bisa pada usia muda (rheumatoid arthritis). Kebanyakan gout menimpa pria, jarang pada wanita, sedang encok banyak juga pada wanita.
Gout dapat disembuhkan, tetapi kecacatan sendi memerlukan pembedahan Benar. Semua gout dapat disembuhkan dalam pengertian bahwa keluhan dan gejalanya diredakan, dan penyebabnya ditumpas.
Waktu serangan diberi obat pereda nyeri, sekaligus obat penurun asam urat, serta meniadakan faktor penyebab yang ada 10 itu kalau ada.
Cegah cedera sendi dan hindarkan paparan dingin pada sendi. Obat pereda nyeri dosis rendah boleh diminum untuk pencegahan. Batasi makanan berlemak, menu purin ketat, dan perlu banyak minum.

Dikenal dua jenis obal antiurat. Yang mengurangi produksi, dan yang meningkatkan pembuangan asam urat oleh ginjal (jenis uricosuric). Pastikan dulu tidak ada batu ginjal sebelum memberi obat jenis ini, sebab bisa memperburuk kerusakan ginjal.

Gout menahun dan sendi sudah berubah bentuk dan fungsinya menurun. Obat saja biasanya tidak menolong. Kerusakan sendi bisa diatasi hanya dengan pembedahan.
Urin dibuat lebih basa (pH lebih tinggi dengan minum tablet bicarbonas natricus, untuk mencegah endapan batu urat yang cepat terbentuk dalam urin yang lebih asam (pH rendah). Sedikitnya perlu minum tiga liter sehari.

Kekurangan cairan (dehidrasi), sehabis mencret atau hawa panas tapi kurang minum, harus dicegah.

Semua obat yang dapat menghambat pembuangan asam urat oleh ginjal, harus dihindarkan, antara lain obat golongan salisilat, hydrochlorothiazide (HCT).

Sebaiknya tidak minum alkohol.

Jangan biarkan pula "benda keton” hasil buangan metabolisme lemak pada pasien kencing manis, ikut meninggi sehingga asam urat meninggi juga. Ini bisa terjadi jika diabetes tak terkontrol.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar